Pada dasarnya,  dalam model ini guru membagi satuan informasi yang besar menjadi  komponen-komponen lebih kecil. Selanjutnya guru membagi siswa ke dalam  kelompok belajar kooperatif yang terdiri dari empat orang siswa sehingga  setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap  komponen/subtopik yang ditugaskan guru dengan sebaik-baiknya. Siswa dari  masing-masing kelompok yang bertanggungjawab terhadap subtopik yang  sama membentuk kelompok lagi yang terdiri dari yang terdiri dari dua  atau tiga orang.
Siswa-siswa ini  bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kooperatifnya dalam: a) belajar  dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya; b) merencanakan bagaimana  mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula.  Setelah itu siswa tersebut kembali lagi ke kelompok masing-masing  sebagai “ahli” dalam subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam  subtopik tersebut kepada temannya. Ahli dalam subtopik lainnya juga  bertindak serupa. Sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk  menunjukkan penguasaannya terhadap seluruh materi yang ditugaskan oleh  guru. Dengan demikian, setiap siswa dalam kelompok harus menguasai topik  secara keseluruhan.
 

 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar